tulisan waktu senggang

Climb every mountain, Ford every stream, Follow every rainbow, 'till you find you dream...

Thursday, July 06, 2006

Uang recehan


Beberapa hari yg lalu, gara2 lagi beres2 in uang recehan, akhir nya jadi ngebahas tentang uang recehan dech...
(uang recehan yg aku obrolin tuh dari yg nilai nya Rp10 s/d Rp 500)
Dari ngomongin uang receh yg emang bener2 diperluin, sampe dengan uang receh yg kadang2 ngga dianggap sama sekali...
Ngeselin banget kan... nama nya aja uang, tapi bisa ngga dianggap...X-(
Padahal nyari uang ngga gampang...


Aku tuh kadang2 suka sebel banget kalau belanja di mini market, super market, hyper market... pokok nya yg kayak gitu2 dech...
Hampir setiap kali belanja dan total belanjaan nya jumlah nya bukan pembulatan Rp100, seperti Rp8420, uang yg kita kasih Rp10000... jangan pernah berharap bisa dapat kembalian nya dengan sesuai, senilai Rp1580...
Pasti kembalian yg didapat Rp1500... atau paling mentok2 nya tuh Rp1550... itu pun kalau lagi beruntung aja... ngga mungkin aja dikembaliin Rp1600...
aku ngga berharap dikembaliin lebih, tapi setidak nya bisa dapat kembalian sesuai hak ku aja Rp1580...:(

Sebener nya kalau dilihat dari nominal nya, mungkin kecil sekali yach, palingan cuman dirugikan Rp30-Rp80...
Kalau aku lagi anteng2... aku suka cuek dech dikembaliin kurang gitu...
Tapi kalau aku lagi sebel... uang segitu pasti aku tagih...
Dulu2 nya sich kalau ditagih kekurangan kembalian nya, suka dikasih permen tuh (siaul... dah kayak anak kecil aja)... tapi dah belakangan ini mah ngga pernah tuh... dengan santai nya dan tanpa perasaan bersalah sama sekali, mereka kembaliin nya aja dengan 'potongan yg ngga jelas' gitu...
Kebayang ngga sich... kalau satu pembeli mereka potong ambil rata Rp50 aja... satu hari bisa ada berapa ratusan pembeli...
berapa keuntungan yg mereka ambil dari uang yg bukan hak mereka...??????
itu baru satu hari...
berapa kalau satu bulan...???????
itu uang yg mereka ambil sama sekali bukan hak mereka tuh...
Yang paling ngeselin nya tuh, yg paling kurang ajar banget... kalau kita bayar kurang Rp20, mereka berani nagih dan bilang kurang...X-(

Aku pernah tuh kejadian kayak gitu...
Aku bilang, 'selama ini uang saya ngga pernah dikembaliin sama sekali... sekarang kurang Rp20 nagih juga...'
'Ok...saya bayar, tolong si mbak kembaliin yach sesuai hak saya...'
Akhir nya si mbak nya sambil senyum bilang 'ngga usah dech mbak...'

kalau dipikir-pikir gitu, kesel banget dech...
bukan nominal nya yg hilang... tapi cara nya itu lho...itu kan sama aja 'menipu dengan halus'...
dan yg makin sebel, sebener nya kita sadar, kita tuh ditipu...:(
Cuman karena alasan malu atau mungkin alasan ngga mau ribut karena uang recehan itu maka nya dibiarinin aja...

Emang orang indo tuh pinter banget dech untuk urusan yg kayak gini2...
Aku inget2... kayak nya satu2 nya negara yg ngembaliin belanjaan dengan cara ngasih permen atau memotong dengan pembulatan... yach cuman indo doank...
Setau ku...di negara2 lain... berapa pun nilai nya pasti dikembaliin... uang satu sen pun pasti dikembaliin.

Ach...kapan maju nya nich indo kalau kayak gitu terus...?:(


PS: ini pengalaman dari temen ku...
dia ngasih pengemis Rp500, trus uang nya dibuang sama tuh pengemis, sambil jalan tuh pengemis ngedumel 'uang gope bisa beli apa, dasar pelit'...
Mungkin kalau ngga di halang2 in temen2 yg lain, udah bonyok tuh pengemis digebuk...
(emang kurang ajar banget yach tuh pengemis...udah minta, dikasih... masih berani buang tuh duit, seakan ngga ada harga nya... masih berani ngedumel pula...)
Aku denger nya aja pengen ikutan nonjok rasa nya...

6 Comments:

  • At 12:05 PM, Blogger hans said…

    yah biarkanlah saja sayang...
    mereka juga ngga bakalan maju kok kalo sikapnya seperti itu :) seumur hidup yaaaa jadi pengemis aja kalo gitu.

     
  • At 2:08 PM, Blogger Anggie said…

    Recehan di nangor masih laku loh..
    naik bis, bayar angkot kudu siap recehan, kalo uang gede susah kembaliannnya..masa sih tangan kita kudu nadah terus kembalian? keburu kelewatan deh tempat yang di tuju..hehehe

     
  • At 11:46 AM, Anonymous Anonymous said…

    tapi ada juga koq supermarket yg ngembaliinnya dibuletin ke atas..ato klo nggak sisa yg tanggung ntu disumbangin ke kotak amal, yg penting qt ikhlas aja, soal iya pa ngganya disumbangin ke yg berhak smua resiko dosa ditanggung mereka..hehe
    tp bener, kyknya cuman indo yg sring begini ya, aq pernah tuh nganter bule naek taksi abis 25400, ama bulenya tetep dimintain kembalian ampe sereceh2nya wakakakaks, sopir taxinya ngedumel coz kudu nukerin receh dulu :D

    cheers, vale

     
  • At 2:56 PM, Anonymous Anonymous said…

    Hans --->
    iyach, aku tau... :)
    cuman kadang2 masih suka sebel aja ngeliat nya...

    Celoth --->
    di nangor recehan berapa an yg masih laku loth?
    sebener nya mah dimana-mana juga laku...cuman karena sering ngga dianggap / di bulet2in... lama2 jadi kayak ngga keanggap tuh...:(

    Vale --->
    hi val...welcome to my blog :)

    masih bagus val kalau masih ada kotak amal nya, mau beneran dikasih atau ngga, ditanggung sendiri...
    tapi di supermarket yg sering aku pergi in, ngga ada sama sekali kotak amal nya tuh...yang ada kotak KASIR nya doank...:))
    dan aku ngga tau tuh jatah lebih nya yg bukan HAK mereka itu jadi nya buat siapa...:o

    hehehe...tuh kan si bule ngga mau ngerti...sebab kalau di neg mereka kan pasti dikembaliin...ngga ada nama nya dibulet2 in semau-mau nya...
    Yang paling 'hebat' sich emang indo dech...:D

     
  • At 12:32 PM, Anonymous Anonymous said…

    huahahahahahaaaaa..
    gue inget lu pernah ngotot di diamond, ngakak neh kalo inget saat itu.
    kasirnya belaga pasang tampang cengo.
    trus lu bilang "emang kalo dia cengo, gue diemin?"
    gila luuuuuu :D
    pasti dalam hati kasirnya "cantik2 kok duit cepe doang ditagih" :))

     
  • At 9:04 PM, Blogger dra said…

    vit ---> hahaha...
    koq inget aja sich?:D
    tapi asli, tampang tuh kasir emang nyolotin...:p

     

Post a Comment

<< Home